Selasa, 27 Januari 2015

Bagaimana cara mendelete/remove Autorun.inf Virus dari USB pendrive atau Hard Diskdi pc atau laptop: Apa kamu pernah mencolok flashdisk dan sering menemukan “autorun.inf atau link shortcut” yang dibuat saat mencolok usb flashdisk? mencoba delete tapi malah muncul kembali? . mencoba menscan dengan antivirus tapi malah tidak terdetect atau malah terdetect tapi malah muncul kembali?. merasa gak berguna?. maka ini adalah beberapa prosedur yang diberikan untuk  meremove Autorun.inf Virus dari USB atau Hard disk. Mari kita diskusi mengenai Autorun.inf Virus.

Tentang Virus Autorun.inf :

Seperti yang kita ketahui,  Autorun Virus adalah program yang menggunakan fitur autorun dari sistem operasi Windows. Fitur ini memberi kita bantuan dalam menjalankan USB device, CD-ROM dan device lainnya.
Setiap kita membuka folder di flashdisk atau hardisk internal seperti laptop atau pc, file  autorun.inf virus mulai mengeksekusi dirinya sendiri, biasanya membentuk file shortcut, ciri khas dari virus bawaan window xp ini biasanya menyebar ke os window 7 atau 8 dengan membentuk file berupa file rycyle_detect jika itu terjadi maka masih tidak bahaya, tapi jika membentuk folder rycyle_detect, maka bisa dipastikan virus mulai mengeksekusi dirinya sendiri, dan juga membuat folder tersembunyi yaitu S-***-***-***-***, yang merupakan folder temporary saat kita mendelete file di flashdisk, dan virus ini memasukkan file virus berupa pif, lnk, dan juga scr. Dan mulai menyebar ke hardisk jika kita mengklik file shortcut, bahkan saat kita mengklik flashdisk itu sendiri, karena fitur autorun window. yang menghasilkan beberapa file tidak berguna semacam shortcut dan file scr bahkan file exe dengan ukuran file dibawah 1 mb/700 kb. Yang mengakibatkan performa laptop menurun. Dan juga mengkoneksikan kita ke situs berbahaya dan menginstall keylogger di system operasi windows kita. Yang bisa membuka informasi rahasia berupa username, password dll. Bahkan bisa mendeckrypt atau mengubah file kita, semacam word, exe dll.Jika itu terjadi maka ada beberapa yang bisa kita lakukan yaitu :

Remove .inf Virus dari USB atau Hard Disk menggunakan Command Prompt:

  • buka command prompt . (tekan Windows + R. ketik cmd dan tekan ENTER).
  • layar hitam akan muncul di dekstop. ketik “cd\” (tanpa tanda kutip). direktori  C:\ akan ditampilkan

 
.
  • Sekarang, ketik  atttrib -h -r -s autorun.inf lalu tekan enter (gunanya untuk mengunhide file autorun).
  • Lalu, ketik  del autorun.inf dan tekan enter (untuk menghapus file autorun).


  • lakukan hal yang sama untuk drive d,e, drive flashdisk itu sendiri.
  • Lalu, restart komputermu. 

Harap diingat:
  1. setelah meremove file autorun, jangan sekali kali membuka flashdisk di explorer start menu, atau virus menyebar kembali.
  2. jika error tidak ada autorun.inf berarti tidak ada virus di pc.

Remove .inf Virus dari USB atau Hard Disk menggunakan registry editor:

     1. pilih tool-folder option

 

 2. jangan centang hide protected operating system files
3. ketik gpedit.msc di start menu, lalu cari turn off autoplay
4. ketik msconfig di start menu, lalu setting startup, pastkan jangan mencentang aplikasi yang tidak kita install, biasanya virus mengeksekusi file tersebut.


Langkah terakhir restart laptop/pc, atau jika masih membandel, silahkan masuk ke sae mode dengan menekan tombol f8, dan hapus manual file mencurigakan.

jangan lupa delete file di dalam  rycyle bin 

jika membandel juga maka menggunakan langkah terakhir.
  1. Tekan kombinasi ctrl + shift + esc untuk membuka task manager
  2. matikan terlebih dahulu explorer.exe dengan klik end proses, maka layar dekstop hitam.
  3. Pada tab application, pilih new task lalu ketikkan explorer atau explorer.exe kembali.


-Note-

bagi pengguna window xp bisa menggunakan iobit unlocker untuk menghapus autorun.inf,






pada dasarnya, autorun disisipkan kode autoplay saat kita buka file autorun.inf dengan notepad, seperti kode ini :



seperti kode diatas, hyaodf.pif adalah shortcut yang menjalankan kode dos.., masuk ke memori internal os window hingga bisa mengakibatkan hang.., dilihat dari tulisan alay, yang buat virus orang alay :D, pada dasarnya dia membuat fitur autoplay saat kita klik kanan drive c atau d dan drive lainnya.. lihat gambar dibawah,, autoplay dengan tulisan alay itu sebenarnya kode virus agar kita menjalankan file pif..,

 

cara paling gampang agar virus tidak menyebar ialah kita lihat file pif apa yang dijalankan, jika kita tau filenya, maka kita bisa unlock dulu filenya dengan unlocker,, lalu kita cukup buat file baru dengan nama file sama dengan file pifnya.., tapi terlebih dahulu hapus file pif virus lalu buat file kosong dengan notepad dan simpan i drive masing2



Itulah cara termudah  mengelabui file autorun.inf virus, usahakan jangan centang read only.., karena virus membuat file menjadi read only


















0 komentar blog:

Posting Komentar