Sabtu, 25 Januari 2014

Sesuai dengan postingan kali ini, ada temen yang nanya cara setting VRAM laptop yang tergolong kecil yaitu 64 mb, biasanya didalam bios itu sendiri terdapat bacaan DVMT Pre Allocated terutama bawaan asus yang gunanya untuk mengubah ram yang kecil, tapi untuk laptop lainnya tidak bisa alias di hidden. Disini akan saya share cara memodifikasi bios untuk keperluan game yang rata-rata membutuhkan dedicated memory sebesar 128, 256 dan 512 mb.

Langkah yang harus kita tahu yaitu spesifikasi laptop :

Nama Manufacturer: ??
Model:??
Bios version: ??
Bios Type: AMI EFI atau UEFI BIOS (??)
Bios Download Link: biasanya ada di situs laptop..
SLIC: contoh asus 2.1
SLP: None

Menu diatas bisa kita cari di setting bios kita sendiri, sekarang kita mulai cara modifikasi.

1. Download bios dari situs laptopmu, cari update bios terbaru .

2. Langkah selanjutnya kita modifikasi file BIOS menggunakan 2 software tergantung spesifikasi leptop, yaitu PHOENIX BIOS EDITORAMIBCP versi 4 keatas, , untuk link bisa kamu googling di google atau bisa ke link ini Daftar Bios Editor dan tool. lalu buka programnya.


3. Sekarang buka file biosnya dan modifikasi bacaan DVMT Pre allocated menjadi 128 atau sesuaikan dengan kapasitas RAM kita, lalu save bios filenya.


4. Langkah selanjutnya flash bios file tadi dengan program AFUWIN, link bisa googling di google.



5. Lalu pilih Open bios file yang telah kamu modifikasi (jangan lupa backup bios awal jika terjadi apa-apa.). Lalu centang Program All Blocks, dan klik Flash. Jika sudah lalu reboot sekarang juga.

Jika sudah maka saat membuka intel grafic card akan muncul seperti ini :




 Note : semua tutorial berbeda tergantung merek laptop, jika flash gagal akan muncul black screen, terutama jika file cor.rupt. Do your own risk!!, maka lakukan langkah dengan hati-hati terutama lakukan flashing saat batere leppy full.

Link forum modif bios : Bios forum 1
                                    Bios forum 2
                                    Bios forum 3


jika agan ragu dengan flash bios, masih ada satu trik lagi yaitu dengan beralih os, contoh os window 7 ke os window vista, karena share memory vga diatur oleh  WDDM (Window Display Driver Model), di os window 7 support WDDM 1.1 sehingga share vga menjadi 64 mb, sedangkan di window vista support WDDM 1.0 menambah vga menjadi 128 atau 256, asal kita tau prosesor intel apakah intel hd dan chipset maka kita bisa mengunduh software driver WDDM 1.0 di window 7.





Categories: , , ,

0 komentar blog:

Posting Komentar